Lapas Panyabungan Gelar Pelatihan Kesiapsiagaan Petugas Dalam Penanganan Kebakaran

Lapas Panyabungan Gelar Pelatihan

topmetro.news – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Panyabungan Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut) menggelar pelatihan kesiapsiagaan petugas dalam rangka penanganan kebakaran, Kamis (7/10/2021).

Kegiatan pelatihan berlangsung di aula dan di halaman dalam Lapas Panyabungan, mulai pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai. Yang ikut dalam kegiatan adalah staf Lapas Panyabungan, bekerjasama dengan Tim Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Pantauan topmetro.news, petugas Lapas Panyabungan tampak antusias menyaksikan dan mempraktikkan bagaimana tata cara penanganan kebakaran kecil atau sedang.

Dengan mematuhi protokol kesehatan, kegiatan pelatihan kesiapsiagaan petugas dalam penanganan kebakaran ini berjalan dengan baik.

Sebelumnya, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kalapas Klas II B Panyabungan Hamdi Hasibuan didampingi Kasi Bimnadik dan Giatja Suyetno SH dan Kabid Pemadam Kebakaran Pemkab Madina Edi dan personil.

Trik Tangani Kebakaran

Selaku pemateri, Kabid Pemadam Kebakaran Pemkab Madina Edi juga memaparkan materi tentang kesiapsiagaan masyarakat dalam menangani kebakaran.

Kemudian, ia menjelaskan poin-poin utama dalam materi dengan penjabaran yang jelas. Mulai dari pengenalan jenis atau alat pemadam kebakaran. Kemudian, metode pemadam kebakaran, baik secara tradisional maupun modern. Lalu, tips serta trik pada saat terjadinya kebakaran.

Setelah pemaparan materi oleh Kabid Pemadam Kebakaran selesai, pelatihan berlanjut dengan praktik langsung di lapangan. Tampak personil Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Madina mendampingi pelatihan di lapangan.

Sementara itu, Kalapas Klas IIB Panyabungan Hamdi Hasibuan kepada topmetro.news usai membuka pelatihan menjelaskan, untuk pemateri pelatihan kesiapsiagaan petugas dalam penanganan kebakaran di Lapas Panyabungan adalah Kabid Pemadam Kebakaran Pemkab Madina.

Dan dalam sambutannya, Kalapas berharap, agar seluruh petugas dapat mengimplementasikan pelatihan itu, apabila suatu saat terjadi kebakaran ringan atau sedang di dalam lapas.

“Saya minta seluruh staf yang mengikuti kegiatan pelatihan kesiapsiagaan penanganan kebakaran ini benar-benar memperhatikan dengan baik. Agar nantinya, dapat dipraktikkan dengan benar, apabila terjadi kebakaran ringan atau sedang di Lapas Panyabungan,” ujarnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment